Pentingnya pengelolaan Layanan TI dalam organisasi ditujukan agar TI dapat berkembang selaras dengan rencana strategis yang akan dicapai oleh organisasi. Peran besar TI dalam prakteknya membutuhkan pengelolaan khusus atas aset, prosedur dan jenis layanan TI agar biaya dan servis layanan terkontrol dengan baik dan dapat memberikan value yang maksimal baik bagi pelanggan maupun bagi perusahaan. Untuk itu diperlukan adanya rangkaian prosedur dan best practice sebagai acuan bagi perusahaan menjalankan ITSM. Salah satu Best practice yang digunakan adalah kerangka kerja ITIL® dan standar internasional untuk layanan TI ISO/IEC 20000. Untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang kerangka kerja manajemen ISO / CEI 20000®, dasar konsep, proses, kelebihan dan masalah yang terkait dengan implementasi proses berdasarkan layanan klien, dan efisiensi penyediaan layanan dan dukungan TI. 1. Pendahuluan dan ikhtisar: sistem manajemen; tanggung jawab; hubungan antara ITIL® dan ISO 20000; terminologi dan dokumentasi; audit dan sertifikasi Pentingnya kualitas dalam manajemen TI
ISO 20000-1, spesifikasi, perencanaan implementasi manajemen layanan TI;
2. pengawasan dan perbaikan; penyediaan layanan, manajemen hubungan; masalah resolusi; kontrol; pelaksanaan
ISO 20000-2: praktik terbaik
Hubungan di antara berbagai proses standar
Masalah yang terkait dengan implementasi standar yang lengkap atau sebagian
Praktik terbaik untuk sistem manajemen, perencanaan, dan penerapan layanan TI
3. manajemen, pengawasan dan perbaikan, penyediaan layanan, hubungan
4. manajemen, penyelesaian masalah, kontrol dan implementasi