Open office sangat diperlukan dilingkup pekerjaan, Open office berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik. Selain Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables. Program ini juga sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).
1. Memberi bekal kepada masyarakat mengenai penggunaan aplikasi perkantoran berbasis open source yaitu Open Writer, Open Calc dan Open Impress
2. Memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mengajak orang-orang di lingkungannya dalam penggunaan aplikasi perkantoran berbasis open source
1. Silabus OpenOffice.org Writer – Tingkat DASAR
Pengenalan aplikasi OpenOffice.org
Fitur OpenOffice.org writer Komponen dan menu OpenOffice.org
Setting Option pada Writer
Memulai Dokumen Baru
Open, edit dan save dokumen
Page setup Header, Footer dan nomor halaman
Berpindah-pindah dalam dokumen
Find and Replace
Print Export File kedalam format PDF
2. Silabus OpenOffice.org Calc – Tingkat DASAR
Setting Option pada Cacl
Memulai dokumen baru Mengenal Worksheet Open, edit dan save dokumen
Memilih Cell Merubah Nama Sheet
Delete dan insert worksheet
Move/Copy Sheet
Merubah ukuran baris dan kolom
Menambah, menghapus kolom
Memperindah tampilan worksheet
Formula sederhana
Setting Nilai Mata uang Navigator
Mencetak dokumen
3. Silabus OpenOffice.org Impress – Tingkat DASAR
Memulai impress & setting Option pada Impress
Mengenal workspace Menanbah dan menghapus slide
Memasukkan objek dan membuat animasi Memperbesar dan memperkecil halaman slide
Berpindah slide
Mengganti warna background
Menampilkan slide show Mengatur durasi slide
4. Silabus OpenOffice.org Writer – Tingkat MENENGAH
Writer – Dasar (Review)
Format dokumen
Style and templates
Membuat list Indexes and Tables Tables Graphics
Headers and footer
Penomoran halaman Footnote atau endnote
Menyimpan dokumen dalam format PDF
Automatic Correction Tools
Formula matematik
5. Silabus OpenOffice.org Calc – Tingkat MENENGAH
Calc – Dasar (Review)
Freeze Row and Column Headers
Spreadsheet Autoformat
Format Cell
Setting Format halaman
Melampirkan note Penggunaan fungsi
Menggunakan Style dan Template
Menyisipkan Chart (Grafik) Menyisipkan gambar
Menjaga Data Spreadsheet
Memastikan Valid Data Entry
Import dan Export Spreadsheet
6. Silabus OpenOffice.org Impress – Tingkat MENENGAH
Impress – Dasar (Review)
Bar Chart Silabus OpenOffice.org Writer – Tingkat MAHIR
Writer – tingkat menengah dasar (Review)
Label Amplop
Master dokumen Melindungi dokumen
Memperbandingkan dokumen
Insert teks dokumen
Frame Mail Merge Query Pada Database