Procurement Management: Negotiating and Contracting
Pengetahuan tentang penyusunan klausul kontrak dalam proses pengadaan (procurement) merupakan hal yang sangat penting dalam proses pengadaan, hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari permasalahan dan konflik yang muncul selanjutnya. Selain kemampuan menyusun klausul kontrak, kemampuan dalam menganalisa dan mempersiapkan kontrak dalam proses pengadaan (procurement) juga merupakan hal penting yang harus dipahami agar dapat mengelola proses pengadaan secara efisien dan juga untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman dan konflik dengan supplier. Didalam proses tersebut, maka juga terdapat proses negosiasi didalam penyusunan kontrak, hal ini juga menjadi elemen penting didalam pengadaan sehingga ketrampilan negosiasi merupakan kunci sukses untuk mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan bagi perusahaan.
TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Peserta pelatihan mampu memahami konsep penting dalam sebuah klausul kontrak
Peserta pelatihan mampu memahami teknik menyusun, menganalisa, dan mempersiapkan kontrak
Peserta pelatihan mampu memahami langkah menyelesaikan perselisihan dengan mediasi dan arbitrase
Peserta pelatihan mampu memahami teknik negosiasi dengan suplier
Ruang lingkup dan Proses Procurement
Regulasi tentang pengadaan dan kontrak
Proses penyusunan kontrak
Jenis kontrak dan Resiko Bisnis
Legalitas kontrak dan klausa kontrak
Drafting dan Evaluasi kontrak Bisnis
Dispute: Mediasi dan Arbitrase
Teknik negosiasi : Persiapan dan pembentukan tim negosiasi
Strategi negosiasi
Menghadapi lawan yang sulit
Tips sukses benegosiasi
Study kasus
1. Paket Reguler Rp 3.500.000,-
Fasilitas : Training Kits, Dokumentasi, Materi Pelatihan, Sertifikat Pelatihan, Lunch, Coffee Break
2. Paket Silver Rp 4.500.000,-
Fasilitas : Hotel, Antar Jemput Bandara, Training Kits, Dokumentasi, Materi Pelatihan, Sertifikat Pelatihan, Lunch, Coffee Break, Local Tour
*harga diatas berlaku kolektif minimal 4 peserta/program