Sales Forecasting adalah bagian krusial dari perencanaan finansial sebuah bisnis. Forecasting adalah assessment tools yang menggunakan statistik masa lampau dan masa kini untuk memprediksi performa Anda di masa depan. Untuk mendapatkan sales forecast yang baik, perlu dilakukan riset mengenai operasi-operasi bisnis terkait dengan bisnis secara pasar geografis dan juga basis customer. Melakukan forecast yang lebih baik akan meningkatkan service level kepada customer (order fulfillment-pemenuhan order), mengurangi inventory, antisipasi kapasitas, produktifitas yang lebih baik dan yang paling penting menjual produk lebih banyak kepada customer.
Sales Forecast tidak hanya digunakan untuk merencanakan dan memonitor sales effort, melainkan juga sebagai bagian vital dari prediksi arus kas. Ketika perusahaan membesar, forecast merupakan alat untuk menunjukkan entitas yang dimiliki merupakan perusahaan yang sehat.
TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Peserta pelatihan mampu memahami sales plan untuk mengurangi ketidak pastian tentang pendapatan di masa mendatang.
Peserta pelatihan mampu memahami peran sales forecasting bagi kesuksesan penjualan.
Peserta pelatihan mampu menentukan teknik forecasting yang efektif guna membantu perusahaan menghadapi ketidakpastian permintaan pasar.
Peserta pelatihan mampu menerapkan pemakaian forecast dari sisi keuangan, rencana sales, menyeimbangkan demand & supply dan sebagai data untuk melakukan sales & operation planning bulanan.
Peserta pelatihan mampu mengantisipasi kendala dalam penerapan sales forecasting, meningkatkan keakuratan sales forecasting, dan meningkatkan customer service level.
Peserta pelatihan mampu membuat dan mengevaluasi sales forecast beserta anggaran jangka pendek dan panjang dengan menggunakan/menggabungkan beberapa metode serta perhitungan ROI
Marketing Plans and Sales Forecasts
8 steps in Planning and Forecasting
Sales forecast fundamentals
Uses of Sales Forecasts
Sales forecast – Concept and definition
The importance of sales forecast
Checking Environment Scanning – External environmen
Analysis of the External environment
Demand forecasting
Market factor/index – Market potential – Sales Potential
Sales Forecast techniques
Sales Forecasting Methods
Product life cycle and seasonality
Basic Steps in the Breakdown of Sales Forecasting
Using Technology in Sales Forecasting
Guide to Sales Forecast Effectivenes
Sales Budget
Sales operation planning & execution
The operational planning process
Analyzing sales performance and result reports (analytical & statistical tools)
1. Paket Reguler Rp 3.500.000,-
Fasilitas : Training Kits, Dokumentasi, Materi Pelatihan, Sertifikat Pelatihan, Lunch, Coffee Break
2. Paket Silver Rp 4.500.000,-
Fasilitas : Hotel, Antar Jemput Bandara, Training Kits, Dokumentasi, Materi Pelatihan, Sertifikat Pelatihan, Lunch, Coffee Break, Local Tour
*harga diatas berlaku kolektif minimal 4 peserta/program