-
14 September 2023 12:01 pm

Manajemen Resiko - Dinas UKM Kota Yogyakarta

Pelatihan Manajemen Resiko bagi Pelaku UKM dan karyawan diselenggarakan oleh Dinas UKM kota Yogyakarta bekerjasama dengan Smart Training Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 11 September 2023 di Ibis style hotel yogyakarta. Narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Syamsul Hadi, SE.,MM.


Manajemen risiko adalah usaha untuk mengelola risiko dengan cara memonitor sumber risiko, melacak, dan melakukan serangkaian upaya agar dampak risiko bisa diminimalisasi. Adapun tujuan dari manajemen risiko diantaranya adalah: 
1. Melacak sumber-sumber risiko
Poin pertama tujuan manajemen risiko adalah guna melakukan mitigasi atau pelacakan sumber-sumber yang berpotensi mengancam tercapainya tujuan organisasi. Proses pelacakan ini dapat dilakukan dengan riset dan analisa prosedural dari setiap aktivitas organisasi, mulai dari proses pelayanan hingga pengelolaan aset. 
2. Menyediakan informasi risiko bagi organisasi
Tujuan manajemen risiko yang berikutnya adalah menyediakan informasi tentang sumber-sumber potensi risiko di perusahaan.
3. Meminimalisasi kerugian akibat terjadinya risiko
Setelah risiko ditemukan dan dianalisa, maka pihak-pihak yang terkait dengan risiko perlu melakukan upaya agar risiko tidak sampai terjadi dan mengancam keberlangsungan bisnis. Dalam hal ini, manajer risiko bisa membantu para pihak terlibat menemukan solusi penanganan risiko, seperti melenyapkan potensi, meminimalisasi, atau mentransfer risiko ke pihak lain.
4. Memberikan rasa aman bagi stakeholder
Tujuan manajemen risiko perusahaan adalah agar stakeholder merasa aman dan percaya dengan integritas bisnis. Stakeholder di sini bukan sebatas satuan kerja saja, tapi juga pegawai, rekanan, masyarakat, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan perusahaan.
5. Menjaga stabilitas dan pertumbuhan organisasi
Terakhir, tujuan manajemen risiko adalah agar organisasi bisa berkembang dengan stabil sesuai target kerjanya. Dengan adanya proses manajemen risiko, organisasi bisa melakukan penanganan lebih cepat terhadap sumber-sumber yang mengancam tujuan organisasi. Meski mempunyai tahapan panjang dan berkelanjutan, faktanya proses manajemen risiko adalah salah satu komponen pengelolaan bisnis terpenting yang bisa melindungi perusahaan. 
Dr. Syamsul berharap dengan adanya sosialisasi manajemen resiko ini dapat menambah wawasan para karyawan Dinas Koperasi UKM untuk kemudian dapat diterapkan dalam meminimalkan resiko baik yang besar maupun kecil yang akan timbul dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada Dinas Koperasi UKM Kota Yogyakarta.


...
PT. SMART TRAINING INDONESIA
Perusahaan yang bergerak pada bidang:
Human Resource & Information Technology Development
Our Services: In House & Ex House Training, Certification, Workshop, Outbond, & MICE



Portofolio Pelatihan Lainnya
Alamat
Jl. Kenari No 44A Yogyakarta
admin@smartindo.org
081226462441
National Client & Partner
International Client & Partner
@2024 smarttraining Inc.